Tahukah Kamu Cara Mengobati Amebiasis?

 

Amebiasis? Penyakit seperti apakah itu? Lalu bagaimana cara mengobati amebiasis? Menurut alodokter.com amebiasis adalah infeksi parasit pada usus yang disebabkan oleh parasit Entamoebae histolytica atau E. Histolytica. Entamoba berasal dari gabungan parasit tunggal yang bertekstur seperti jeli dan dapat hidup di dalam atau permukaan kulit manusia dan binatang. Dilansir dari hellosehat.com amebiasis adalah infeksi usus besar dan terkadang infeksi hati. Parasit yang menyebabkan kondisi ini adalah entamoeba histilytica. Ini adalah satu-satunya jenis dari delapan jenis amoeba yang menyebabkan amebiasis. Menurut sehatq.com diagnosis pada penyakit ini sulit dilakukan karena parati lain dapat terlihat sangat mirip dengan E.histolytica ketika dilihat di bawah mikroskop. Orang yang terinfeksi pun tidak selalu menjadi sakit.

Sebelum tahu cara mengobati amebiasis ini, kamu perlu tahu penyebab dari penyakit ini. Apa saja penyebab dari penyakit ini? E. Histolytica dapat hidup di dalam usus besar tanpa menyebabkan kerusakan pada usus. Namun, pada beberapa kasus, parasit menyerang usus besar, menyebabkan radang, disentri akut atau diare dalam jangka panjang. Parasit dalat menyebar melalui kotoran dari penderita. dilansir dari sehatq.com penularan dapat melalui makanan atau air yang terkontaminasi dengan kotoran atau kista amuba, melalui kontak seksual dengan area dubur atau anus dari orang yang terinfeksi, misal pada hubungan seksual secara oral-anal. Menurut alodokter.com penyakit ini akan menular melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi. Lalat, nyamuk dan serangga juga berisiko menjadi penyalur parasit. Saat parasit masuk ke saluran pencernaan, mereka akan melepaskan zat aktif yang disebut sebagai trophozite. Parasit ini lalu berkembang biak di saluran pencernaan dan bermigrasi ke usus besar. Di sana, mereka bisa masuk ke dinding usus atau susu besar. Hal inilah yang menyebabkan diare berdarah, kolitis dan kerusakan jaringan pada usus.

READ  Gejala Penyakit Sapi Gila

Lalu bagaimana cara mengobati amebiasis yang dapat dilakukan untuk infeksi amebiasis ini? dilansir dari sehatq.com beberapa antibiotik tersedia untuk mengobati amebiasis. Perawatan untuk kasus penyakit ini tanpa komplikasi umumbya berupa pemberian antibiotik selama kurang lebih sepuluh hari. Menurut hellosehat.com pengobatan untuk amebiasis harus melalui resep yang mencukupi dari dokter. Dokter akan memeriksa kotoran dan memastikan bahwa parasitnya sudah keluar dari tubuh. Dokter juga menyarankan untuk mengonsumsi obat seperti metronidazole dan lodoquinol. Namun, obat ini memiliki efek samping seperti mual, sakit kepala, dan warna urin yang gelap. penderita juga disarankan untuk meminum banyak cairan untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Hal ini dikarenakan gejala diare berkepanjangan yang dialami oleh pasie. Bahkan pada beberapa kasus bahkan membutuhkan transfer air. Jika parasit ada di jaringan usus pasien, perawatan harus bisa mengatasi tidak hanya organisme, namun juga kerusakan pada organ yang terinfeksi.

READ  Penyakit Amenorea Dan Cara Pengobatannya

Pada penyakit ini, konsultasi dengan dokter sangat diperlukan untuk pemulihan dengan benar. Infeksi ini dapat menghilang dalam dua ninggu dalam saluran pencernaan dan kamu masih dapat pulih sepenuhnya meski histolytica bergerak ke organ lain, tentunya pemulihan dapat dilakukan dengan mengikuti saran dan instruksi dari dokter. Cara mengobati amebiasis di rumah dengan mengubah gaya hidup seperti mengonsumsi obat sesuai dosis, meminum banyak air untuk mencegah terjadinya diare atau dehidrasi, pastikan kamu mengonsumsi makanan yang dimasak sebelum dimakan, gunakan kondom ketika berhubungan seksual dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air hangat agar dapat terhindar dari parasit.

 

Sumber: sehatq.com