Sabtu, 01 April 2017

Obat Sakit Perut Sebelah Kiri

Organ tubuh yang terletak di bagian perut sebelah kiri adalah lambung. Oleh karena itu, jika bagian perut tersebut sakit, yang menjadi tertuduh adalah lambung.

Gangguan lambung yang paling sering menyebabkan sakit perut sebelah kiri adalah gastritis atau radang lambung. Bahasa awamnya, sakit maag. Penyakit ini tak pandang bulu. Menyerang anak, dewasa, juga orang tua. Baik miskin maupun kaya.

Gastritis muncul akibat asam lambung yang seyogyanya berpenghalang, kontak langsung dengan dinding lambung. Akibatnya, asam yang sangat tajam mengiritasi dinding lambung. Iritasi memicu luka dan radang, diikuti rasa sakit yang menusuk.

Kadang-kadang rasa sakit menyebar ke dada bagian kiri dan serasa tembus ke belakang.  Oleh karena itu, sakit maag kerap disalahpahami dan dianggap sebagai serangan jantung.

Ada banyak hal yang dapat memicu gastritis. Contohnya, makanan asam seperti mangga muda, atau minuman seperti kopi atau jus jeruk.

Obat sakit perut sebelah kiri akibat gastritis terbagi ke dalam 3 golongan. Golongan pertama adalah obat yang bertujuan menetralkan asam lambung, contohnya promag, mylanta, magasida, dan sebagainya. Golongan kedua adalah obat yang bertujuan mengurangi produksi asam. Contohnya adalah ranitidin atau omeprazole. Sedangkan golongan ketiga adalah obat untuk menekan rasa nyeri, misalnya parasetamol. Obat golongan ketiga ini biasanya baru diberikan jika golongan pertama dan kedua tak mampu mengatasi sakit perut yang timbul.

Setelah minum obat, rasa sakit perut sebelah kiri biasanya berkurang atau hilang. Tetapi, jika suatu ketika salah makan atau salah minum lagi, rasa sakit akan kambuh kembali.

Jika demikian, mau ga mau mesti minum obat lagi.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.