Jumat, 27 Januari 2017

Jenis-jenis Metode KB

Program KB atau Keluarga Berencana adalah program yang bertujuan untuk mengatur jarak kelahiran.

Ada beberapa metode yang digunakan dalam program tersebut, yaitu:

#1 Pil Kombinasi

Pil ini mengandung dua jenis hormon yaitu estrogen dan progesteron. Pil kombinasi diminum setiap hari. Cara kerja pil kombinasi adalah mencegah pelepasan telur dari indung telur (ovarium).

#2 Pil Mini

Berbeda dengan pil kombinasi yang mengandung dua jenis hormon, pil mini hanya mengandung satu jenis hormon yaitu hormon progesteron. Cara pemakaian pil ini yaitu diminum setiap hari, sama halnya dengan pil kombinasi. Cara kerja pil mini adlaah mempertebal lendir mulut rahim sehingga mencegah pembuahan, juga mencegah ovulasi.

#3 Susuk atau Implan

Susuk berupa batang kecil yang mengandung hormon progesteron. Susuk ini ditanam di lengan atas. Cara kerjanya sama dengan pil mini, yaitu mempertebal lendir mulut rahim dan mencegah terjadinya ovulasi.

#4 Suntik KB Progesteron

KB jenis ini disuntikkan di otot, baik otot lengan maupun bokong, setiap 3 bulan. Cara kerjanya mirip pil mini, yaitu mempertebal lendir mulut rahim dan mencegah ovulasi.

#5 Suntik KB Kombinasi

Suntik KB ini mengandung kombinasi dua hormon, yaitu estrogen dan progesteron. Cara kerjanya sama dengan pil kombinasi, yaitu mencegah pelepasan sel telur dari indung telur.

#6 IUD Mengandung Tembaga (Copper)

Alat KB ini berupa plastik kecil yang mempunyai bagian berupa tembaga. Cara pakainya adalah alat ini dimasukkan ke dalam kandungan. Cara kerjanya dalam mencegah kehamilan adalah komponen tembaga akan merusak sperma dan mencegahnya bertemu dengan sel telur.

#7 IUD levonorgestrel

Alat KB ini mirip dengan IUD tembaga, hanya saja mengandung hormon yang senantiasa dilepaskan dalam jumlah kecil. Cara kerja IUD levonorgestrel adalah menekan pertumbuhan dinding rahim.

#8 Kondom

Kondom terbuat dari bahan karet tipis yang berfungsi mencegah pertemuan antara sperma dan sel telur. Ada dua jenis kondom, yaitu kondrom pria dan wanita. Tapi yang umum dijual adalah kondom pria.

#9 Sterilisasi Pria (Vasektomi)

Cara KB ini adalah dengan memotong saluran yang mengalirkan sperma dari tempat produksinya di testis ke dunia luar. Akibatnya, sperma tidak bisa kemana-mana.

#10 Sterilisasi Wanita (Tubektomi)

Hampir sama dengan vasektomi, hanya saja saluran yang dipotong atau diikat adalah tuba fallopi, yaitu saluran yang menghubungkan antara indung telur dan rahim.

#11 Metode Amenorrhea Laktasi

Metode ini sebenarnya termasuk KB alami. Ibu hanya perlu menyusui secara eksklusif bayinya, siang dan malam.  Perlu diketahui bahwa KB ini hanya efektif kurang dari 6 bulan.

Demikian artikel mengenai jenis-jenis metode KB, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih.



Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.