Senin, 14 November 2016

Tanda dan Gejala Asam Urat

Penyakit asam urat memang tidak berbahaya, tapi cukup menyiksa.

Siksaan tersebut umumnya mengenai persendian. Sendi yang paling sering menjadi sasaran adalah sendi lutut, sendi jari tangan atau jari kaki, serta sendi pergelangan tangan.

Apa siksaannya?

Nyeri yang tidak terlalu nyeri namun cukup terasa, berlangsung lama, disertai gejala bengkak, merah, dan panas.

Gejala tersebut lazim juga ditemukan pada penyakit lain. Untuk membedakannya dengan penyakit asam urat tidak mudah, tapi juga tidak terlalu sulit. Pada penyakit asam urat, nyeri sendi terjadi setelah makan-makanan tertentu seperti kacang-kacangan, bayam, jeroan, atau makanan laut.

Tanda dan gejala asam urat tidak selalu khas. Kadang-kadang samar sehingga tidak di sadari, baik oleh penderita maupun dokter.

Gejala samar antara lain kram atau kesemutan di otot. Tentu saja gejala ini muncul setelah makan-makanan tinggi asam urat.

Untuk asam urat yang masih samar-samar, cara terbaik mengetahuinya adalah dengan memeriksa darah. Jika kadar asam urat lebih dari 7 mg%, kemungkinan besar Anda menderita asam urat.

Jika sudah positif asam urat, berikut urutan pengobatannya.

Banyak minum air putih agar asam urat keluar bersama air kencing.

Memantang makanan yang tinggi purin, yaitu senyawa yang menjadi nenek moyang asam urat.

Kalo kadar asam urat tak turun juga, perlu dipertimbangkan untuk mengkonsumsi peluruh asam urat seperti allopurinol. Sayangnya, obat ini hanya menurunkan asam urat ketika dikonsumsi. Kadar asam urat akan kembali naik ketika berhenti minum obat.

Untuk nyeri, dan ini yang paling sering menjadi perhatian penderita, dapat dikurangi dengan obat antinyeri seperti asam mefenamat, ibuprofen, atau piroksikam. Sayangnya, ketika berhenti minum obat, nyeri akan datang kembali.

Itulah sebabnya, banyak penderita asam urat minum obat nyeri dalam jangka waktu lama. Akibatnya tidak terlalu baik. Lambung teriritasi dan muncul gejala maag. Untuk mengurangi risiko ini, pastikan ada isi lambung baru minum obat nyeri.

Semoga bermanfaat ...

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.