Kamis, 10 November 2016

KB yang tidak mengganggu ASI

Apa saja jenis KB yang tidak mengganggu ASI?

Bagi ibu yang sedang menyusui dan ingin ber-KB mungkin timbul pertanyaan. KB apa yang cocok untuknya?

Dalam artian, bisa mencegah kehamilan sekaligus tidak mengganggu produksi ASI.

Umumnya KB yang tidak menggunakan bahan hormonal seperti IUD, kondom, kalender, dan lain-lain tidak akan mengganggu produksi ASI.

Lain halnya dengan KB hormonal. Jenis KB ini dapat mengurangi bahkan menghentikan produksi Air Susu Ibu. Tapi tidak semua KB hormonal bersifat demikian.

KB hormonal yang mengganggu ASI adalah jenis yang kombinasi. Kata kombinasi di sini artinya mengandung dua macam hormon, yaitu estrogen dan progesteron. Nah, diantara keduanya, estrogen lah yang menjadi biang keladi turunnya produksi ASI.

Contoh KB hormonal yang mengandung hormon kombinasi adalah pil KB biasa dan KB suntik satu bulanan. Salah satu merk yang banyak digunakan adalah cyclofem.

Seperti telah disebutkan, tidak semua KB hormonal mengganggu ASI. Yang aman bagi ASI adalah obat KB yang mengandung hanya satu hormon, yaitu progesteron. Contoh obat KB jenis ini di pasaran adalah pil mini atau pil KB Andalan menyusui. Sedangkan yang jenis suntik adalah suntikan 3 bulanan. Merknya antara lain depo provera, depo progestan, dan triclofem.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

1 komentar:

service ac jogja mengatakan...

oalah, gitu ya.. sip makasih infonya :-)

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.