Rabu, 02 November 2016

Ciri-ciri Orang Terkena Virus Zika

Di media cetak dan elektronik ramai diberitakan mengenai virus Zika. Apa ciri-ciri orang terkena virus Zika? Apa bahaya virus ini?


Virus Zika berkerabat sangat dekat dengan virus Dengue atau virus DBD. Tak hanya itu, kedua virus tersebut juga ditularkan oleh nyamuk yang sama, yaitu Aedes aegypti atau Aedes albopictus.

Saat virus zika menginfeksi manusia, ciri-ciri atau gejala yang muncul juga mirip dengan gejala DBD. Bahkan pada kondisi penyakit yang ringan, sangat sulit membedakan keduanya.

Ciri-ciri orang yang terkena virus zika adalah:

#Demam

Demam cukup tinggi. Bisa mencapai 39 atau 40 derajat celcius atau lebih. Gejala demam biasanya satu paket dengan gejala sakit kepala. Untuk meringankan gejala kedua gejala ini, dapat diberikan obat parasetamol atau ibuprofen.

#Bintik Merah

Bintik merah seperti campak awalnya muncul di wajah dan tangan, lalu menyebar ke sekujur tubuh. Penyebaran terus meluas ke arah kaki. Bintik merah biasanya muncul setelah satu hari demam.

#Mata Merah

Selain kulit dipenuhi bintik merah, mata juga ikut-ikutan merah. Gejala ini disebut juga konjungtivitis. Bedanya dengan konjungtivitis biasa adalah tidak ada belek atau tahi mata.

#Nyeri Sendi

Nyeri sendi dapat muncul pada hari keempat. Sendi yang kerap terkena adalah sendi pergelangan tangan, sendi lutut, dan sendi pergelangan kaki. Selain nyeri sendi, juga terdapat nyeri otot dan badan terasa lemas.

#Nyeri Perut, Mual, Muntah, dan Diare

Jika perut ditekan, penderita zika virus biasanya mengeluh nyeri, terutama pada bagian ulu hati. Gejala nyeri perut ini biasanya disertai oleh gejala mual, muntah, bahkan diare.

Perlu diketahui bahwa gejala di atas tidak terjadi pada semua orang. Sebagian besar penderita hanya mengalami sakit ringan atau rasa tidak enak di badan dan tidak menyadari bahwa dirinya sedang menderita penyakit zika. Di duga hanya ada satu dari empat orang yang mengalami gejala.

Mengenai bahaya Zika, belum ada laporan penyakit ini menimbulkan kematian. Bahaya terparah yang diketahui adalah janin dalam kandungan yang ibunya terkena zika mengalami kepala kecil atau mikrosefali.

Bahaya zika lainnya adalah timbulnya penyakit GBS (Guillain-Barré Syndrome). Penyakit ini ditandai oleh mati rasa pada tangan dan kaki. Untungnya penyakit ini dapat sembuh dengan baik setelah beberapa waktu.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.