Rabu, 05 Oktober 2016

USG Kehamilan Sebaiknya Minggu Keberapa?

Saya sedang mengandung anak pertama. Sebaiknya USG kehamilan dilakukan pada usia kehamilan minggu keberapa? Oh ya satu lagi, sebaiknya berapa kali USG selama hamil?

USG adalah pemeriksaan menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran visual janin yang ada di dalam rahim. Dengan USG, dapat diketahui apakah janin normal, ada cacat, atau jumlahnya lebih dari satu. Sampai saat ini, pemeriksaan USG dianggap aman, baik bagi Ibu maupun bayi.

Kembali ke pertanyaan, usia kehamilan berapa sebaiknya USG dilakukan pertama kali?

Tidak ada patokan mutlak usia berapa USG harus dilakukan pertama kali. Beberapa literatur menjelaskan bahwa USG pertama kali dapat dilakukan pada usia kehamilan 6 – 8 minggu. Ini terhitung dari hari pertama haid terakhir (HPHT).

Pada USG pertama ini Dokter akan melihat letak janin, jumlah janin, panjang janin, perkiraan usia kehamilan, serta kondisi rahim dan indung telur Ibu.

USG kedua biasanya dilakukan antara umur kehamilan 18 – 21 minggu. Pada USG kedua ini Dokter akan melihat kemungkinan kelainan bawaan, letak plasenta, dan jenis kelamin bayi.

USG selama hamil 2 kali sudah cukup, dengan syarat bayinya normal. Tapi kalo Ibu penasaran dengan kondisi bayinya dan ingin melakukan USG lebih sering, boleh-boleh saja.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.