Senin, 24 Oktober 2016

Suntik KB 1 Bulan untuk Ibu Menyusui

Adakah suntik KB 1 bulan untuk ibu menyusui? Kalau ada, apa merk yang dijual di Indonesia?

Suntik KB ada dua jenis, yaitu suntik KB 1 bulan dan suntik KB 3 bulan. Suntik KB 1 bulan mengandung kombinasi hormon progestin dan estrogen. Sedangkan suntik KB 3 bulan hanya mengandung satu macam hormon, yaitu progestin saja.

Dari kedua jenis hormon yang telah disebutkan, hormon estrogenlah yang mempunyai pengaruh negatif terhadap produksi air susu ibu. Sedangkan hormon progestin tidak.

Oleh karena itu, obat KB yang mengandung estrogen tidak dianjurkan diberikan pada ibu menyusui. Jika dipaksakan, dapat menghentikan produksi ASI dan mau tidak mau, bayi harus beralih ke susu formula.

Dari kedua jenis suntik KB, maka KB suntik 1 bulan yang tidak boleh diberikan pada ibu yang masih ingin menyusui bayinya. Penyebabnya KB suntik 1 bulan, seperti telah disebutkan selain mengandung progestin juga mengandung estrogen.

Jika ibu tetap ingin menyusui dan tetap ingin suntik KB, maka dianjurkan suntik KB 3 bulan. Merk KB suntik 3 bulan antara lain depo provera, triclofem, depo progestin, dan sebagainya.

Padanan KB suntik 1 bulan adalah dengan pil KB kombinasi dan padanan KB suntik 3 bulan adalah dengan pil mini. Artinya, pil KB kombinasi tidak dianjurkan diberikan pada ibu menyusui.



Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.