Sabtu, 08 Oktober 2016

Pantangan Makanan untuk Penderita Hipertensi

Saya adalah penderita hipertensi. Makanan apa yang harus saya pantang?

Salah satu kunci keberhasilan pengelolaan penyakit hipertensi adalah menjauhi makanan atau minuman yang dapat menaikkan tekanan darah.

Beberapa makanan atau minuman yang  tidak baik untuk mereka yang menderita darah tinggi yaitu:

Garam

Garam adalah pantangan pertama dan utama. Walaupun tidak dilarang sama sekali, tapi konsumsi garam harus sangat dibatasi.

Jika makanan terasa hambar, dapat ditambahkan bumbu lain misalnya asam jawa.

Telur Asin

Telur tidak masalah sebenarnya. Garam yang ada dalam telur asinlah yang dapat menaikkan tekanan darah ke level berbahaya.

Ikan Asin

Nah, ikan asin hampir sama karakternya dengan telur asin. Jika sering dikonsumsi, bisa menyebabkan badai tekanan darah. Termasuk dalam kategori ini adalah cumi asin.

Bakso dan Soto

Seringkali abang bakso memasukkan garam dalam jumlah yang cukup banyak ke dalam bakso atau soto yang dijualnya. Tujuannya untuk menjaga cita rasa bakso atau sotonya. Tapi itu adalah musibah bagi penderita hipertensi.

Makanan Kaleng

Hati-hati juga dengan makanan kaleng seperti ikan kaleng, daging kaleng, dan sebagainya.

Makanan kaleng biasanya tinggi kadar garamnya. Usahakan memeriksa label kandungan gizi yang tertera di kalengnya.

Makanan Berlemak

Makanan yang perlu diwaspadai adalah goreng-gorengan, kulit ayam, tumis-tumisan dan sebagainya. Termasuk juga daging merah. Lemak tidak kontan menaikkan tekanan darah seperti halnya garam. Tapi secara perlahan-lahan memperburuk keadaan.

Alkohol

Minuman beralkohol sebaiknya dihindari sama sekali. Makanan lain yang juga mengandung banyak alkohol adalah durian dan tape.

Kopi

Walaupun tidak sesignifikan garam, tetap saja kopi dapat menaikkan tekanan darah. Apalagi jika diminum 2-3 gelas sehari.

Gula

Gula yang berlebihan selain dapat memancing munculnya penyakit diabetes, juga dapat memperparah hipertensi. Jadi konsumsilah gula dalam jumlah sewajarnya.

Sinonim:
pantangan makanan hipertensi
pantangan hipertensi
kumpulan pantangan hipertensi
pantangan penderita hipertensi
makanan penyebab darah tinggi



Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.