Kamis, 13 Oktober 2016

Operasi Katarak, Perlukah?

Ibu saya menderita penyakit katarak. Penglihatannya sudah sangat kabur. Apakah perlu dioperasi? Adakah obat tetes mata yang dapat menyembuhkan katarak tanpa harus operasi?

Organ yang terganggu pada penyakit katarak adalah lensa mata. Pada kondisi normal, lensa tersebut harusnya bening seperti kaca. Tapi karena proses penuaan dan berbagai sebab lain, lensa mata rusak dan keruh.

Sampai saat ini, belum ditemukan obat tetes mata yang terbukti ampuh secara klinis untuk membuat lensa mata yang sudah keruh menjadi bening kembali.

Jika lensa mata keruhnya masih sedikit sehingga penderita masih dapat melihat walaupun agak kabur, biasanya hanya dianjurkan untuk menggunakan kacamata.

Tetapi jika keruhnya sudah sangat parah, apalagi jika melibatkan kedua mata, maka mau tidak mau lensa mata yang keruh harus diganti.

Diganti pakai apa?

Lensa buatan yang terbuat dari kaca.

Cara penggantiannya kira-kira seperti ini. Lensa mata yang keruh dikeluarkan lebih dahulu. Kemudian di lokasi bekas lensa tersebut dipasang lensa mata buatan.

Tentunya proses penggantian lensa harus melalui operasi. Tapi jangan khawatir. Operasi katarak tergolong operasi ringan, tak perlu pembiusan umum. Jika lancar, sekitar setengah jaman lah kelar.

Pasca operasi katarak, penderita katarak biasanya akan takjub, karena penglihatannya terang kembali.

Sinonim:
proses operasi katarak
prosedur operasi katarak
berapa lama operasi katarak
obat tetes mata untuk katarak



Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.