Jumat, 07 Oktober 2016

Nyeri Lambung Akibat Minum Kopi

Sebulan belakangan ini saya menderita nyeri lambung. Kadang-kadang sangat perih. Apakah nyeri tersebut ada hubungannya dengan minum kopi. Saya belakangan semakin banyak minum kopi karena harus begadang menuntaskan pekerjaan.

Kopi selain memgandung kafein, juga mengandung asam klorogenik. Itulah sebabnya pH kopi berkisar antara 4,5 - 6. Untuk informasi, pH normal adalah 7.

Asam dalam kopi diduga meningkatkan keasaman lambung yang memang sudah asam. Akibatnya dinding lambung teriritasi oleh asam. Iritasi inilah yang menjadi biang keladi nyeri lambung.

Nama lain nyeri lambung adalah maag. Sedangkan orang medis menyebutnya gastritis.

Jika terjadi maag akibat mengkonsumsi kopi, maka konsumsi kopi harus dihentikan dulu.Jika sakit berlanjut, boleh lah minum obat maag seperti promag atau mylanta. Jika masih sakit juga, berarti harus mendapat obat maag dari golongan lain, misalnya ranitidin.

Perlu diingat jika masih ingin minum kopi, kopinya jangan terlalu pekat, jangan terlalu sering, dan usahakan kondisi lambung jangan dalam keadaan kosong.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.