Selasa, 04 Oktober 2016

Nama Obat Biduran di Apotek

Apa nama obat biduran yang dijual di apotek?

Biduran disebut juga kaligata. Orang medis menamakannya urtikaria.

Gejala biduran adalah bengkak dipermukaan kulit dengan bentuk yang tidak beraturan, sehingga menyerupai pulau-pulau.

Tak hanya bengkak, biduran pun disertai rasa gatal dan panas.

Biduran muncul akibat adanya reaksi alergi oleh tubuh terhadap bahan tertentu. Contohnya telur, ikan, udara dingin, dan sebagainya.

Pada penderita alergi telur misalnya. Ketika mereka makan telur dan protein telur masuk ke dalam darah, sistem pertahanan tubuh akan bereaksi mengeluarkan berbagai macam senyawa termasuk histamin. Histamin inilah yang menjadi biang keladi munculnya biduran.

Kenapa pada orang normal tidak terjadi demikian? Karena sistem pertahanan tubuh orang normal mengenali protein telur sebagai kawan, bukan lawan.

Obat biduran yang di jual di apotek ada dua golongan, yaitu antihistamin dan kortikosteroid. Pilihan pertamanya adalah antihistamin.

Contoh antihistamin yaitu CTM, siproheptadin, dan loratadin. Sedangkan contoh kortikosteroid adalah deksametason dan prednison. Ada juga obat yang merupakan kombinasi antihistamin dan kortikosteroid yaitu CTM plus deksametason.

Sinonim:
obat biduran paling ampuh
obat biduran pada anak
obat biduran di apotik
obat kaligata paling ampuh
cara mengobati urtikaria

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.