Selasa, 18 Oktober 2016

Batuk Berdarah dan Malas Makan

Orang tua saya umurnya 60 tahun. Beliau sudah lama menderita penyakit batuk-batuk. Pernah beberapa kali batuknya bercampur darah. Orang tua saya itu juga malas makan, katanya ga selera. Jadi berat badannya turun drastis. Padahal waktu muda beliau memiliki tubuh boleh dikata atletis. Beliau juga mengeluh badan ga enak. Keluhan ini hampir setiap hari. Kira-kira sakit apakah orang tua saya? Bagaimana mengobatinya?

Dari riwayat yang Anda sampaikan, sepertinya orang tua Anda menderita penyakit tuberkulosis paru. Ciri penyakit tuberkulosis paru adalah batuk lebih dari tiga minggu, kadang-kadang batuk berdarah, keringat sore atau malam hari walaupun tidak melakukan aktifitas fisik berat, dan nafsu makan hilang.

Untuk memastikan penyakit orang tua Anda, maka perlu dilakukan pemeriksaan dahak. Untuk itu dianjurkan konsultasi ke puskesmas terdekat.

Kadang-kadang dokter meminta foto rontgen paru-paru untuk melihat gambaran paru-paru secara visual. Jika ada bercak keputihan di paru-paru biasanya menandakan jaringan paru yang mengalami infeksi.

Penyebab tuberkulosis paru adalah bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini sangat sulit dibasmi. Itulah sebabnya pengobatan tuberkulosis paru membutuhkan tiga jenis atau lebih antibiotik, dan antibiotik tersebut harus diminum dalam jangka waktu lama, minimal 6 bulan.

Kunci sukses pengobatan tuberkulosis paru adalah disiplin minum obat. Biasanya penderita bosan minum obat setiap hari. Belum lagi jika ada efek samping obat. Untuk itulah dibutuhkan seorang pengawas minum obat. Sebaiknya pengawas minum obat beradal dari pihak keluarga sendiri yang orangnya disegani oleh pasien.

Obat tuberkulosis paru bisa didapatkan gratis di puskesmas tempat pasien berdomisili. Begitu pula dengan pemeriksaan dahak, biasanya juga gratis.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.