Rabu, 26 Oktober 2016

Aturan Minum Captopril 25 Mg

Ibu saya baru diketahui menderita penyakit tekanan darah tinggi. Tekanannya 150/90 mmHg. Oleh dokter yang memeriksa, ibu saya diberi obat captopril, dengan aturan minum 2 kali sehari. Tapi saya lihat di internet, ada yang menyarankan captopril diminum 3 kali sehari. Mana yang benar?

Captopril adalah salah satu obat hipertensi yang banyak digunakan oleh dokter. Obat ini terkenal aman dan minim efek samping. Selain itu, kemampuannya menurunkan tekanan darah juga cukup andal.

Di pasaran, captopril tersedia dalam sediaan 12,5 mg, 25 mg, dan 50 mg.

Captopril bekerja dengan cara melemaskan dinding pembuluh darah. Dengan demikian, diameter pembuluh darah akan membesar, sehingga tekanan darah menurun.

Oleh karena kemampuannya melebarkan pembuluh darah dan melancarkan aliran darah, maka captopril juga digunakan untuk penyakit jantung dan penyakit ginjal akibat diabetes (nefropati diabetik).

Berbeda dengan obat antibiotik misalnya amoksisilin yang mesti diminum 3 kali sehari, maka aturan minum captopril sangat tergantung pada kondisi pasien. Pada penderita hipertensi, dosis tergantung dari besarnya tekanan darah. Jika tekanan darahnya tidak terlalu tinggi, cukup 2 kali sehari. Tapi jika tinggi, bisa diminum 3 kali sehari.

Kadang-kadang dokter juga menaikkan atau menurunkan dosis captopril pada pasien yang sama, tergantung pada hasil pemeriksaan tekanan darahnya pada saat itu.

Apakah tidak kelebihan dosis nantinya jika diminum lebih dari 2 kali sehari?

Tampaknya tidak. Dosis maksimal captopril adalah 450 mg/hari. Setara dengan 18 biji Captopril 25 mg. Tapi jarang sekali dosis esktrim ini digunakan. Dokter biasanya lebih memilih mengkombinasikannya dengan obat antihipertensi lain seperti hidroklorotiazid (HCT).

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.