Selasa, 27 September 2016

Obat Sakit Tengkuk atau Leher Belakang

Saya sering menderita nyeri/sakit leher belakang atau tengkuk. Itu sakit apa dan obatnya apa?

Sakit tengkuk atau sakit leher belakang hanyalah gejala dari beberapa penyakit. Tiga jenis penyakit yang paling sering menyebabkan sakit tengkuk adalah:

#1 Salah Tidur

Ciri sakit tengkuk akibat salah posisi tidur biasanya terjadi di pagi hari. Ketika digerakkan, tengkuk bertambah sakit. Obat sakit tengkuk akibat salah tidur antara lain adalah pereda nyeri seperti asam mefenamat.

#2 Tegang Otot Leher

Tegang otot leher terutama otot bagian belakang dapat menyebabkan sakit kepala berulang. Untuk mengatasinya otot harus dilemaskan dan diistirahatkan. Obat sakit leher belakang akibat tegang otot hampir sama dengan sakit akibat salah tidur, yaitu pereda nyeri. Contohnya ibuprofen.

#3 Darah tinggi atau hipertensi

Sakit tengkuk pada hipertensi biasanya berkepanjangan dan sering berulang. Walaupun sudah diobati dengan obat pereda nyeri, dalam waktu tak berapa lama sakit akan kambuh kembali.

Sakit tengkuk akibat darah tinggi biasanya disertai dengan gejala pusing berputar, mual muntah, mudah marah. Selain itu, sakitnya seringkali didahului dengan riwayat konsumsi makanan asin sebelumnya.

Jika pada dua penyebab pertama di atas tekanan darah umumnya normal, maka pada sakit tengkuk akibat hipertensi tekanan darah meninggi. Kadang-kadang berada di angka 180/110 mmHg atau lebih.

Obat sakit tengkuk jenis ketiga ini adalah obat penurun tekanan darah seperti captopril, amlodipin, dan sebagainya. Dengan turunnya tekanan darah, maka sakit tengkuk juga biasanya ikut menghilang.

Kata kunci:
obat sakit tengkuk leher belakang
obat sakit kepala bagian belakang bawah
sakit tengkuk leher dan punggung
obat sakit tengkuk disertai mual

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.