Kamis, 29 September 2016

Obat Mencret Untuk Anak

Anak Saya umur 4 tahun. Saat ini mengalami mencret, kemudian disusul dengan demam. Apa obat yang cocok untuk anak Saya tersebut?

Mencret adalah salah satu pertanda adanya gangguan pencernaan. Bisa karena iritasi dinding usus, karena infeksi, dan sebagainya.

Jika mencret disertai dengan demam, maka kemungkinan gangguan pencernaan yang terjadi adalah karena infeksi usus. Di dunia medis disebut dengan gastroenteritis. Biang infeksi biasanya adalah bakteri seperti salmonella, shigella, dan sebagainya.

Pada kasus di atas, obat mencret untuk anak tersebut terbagi menjadi dua kategori.

Kategori pertama adalah obat untuk mengatasi penyebabnya, dalam hal ini infeksi bakteri. Oleh karena itu, obat yang cocok adalah antibiotik. Lazim dipakai dari jenis kotrimoksazol.

Kategori kedua adalah obat untuk mengatasi gejala yang muncul. Pada kasus ini, gejalanya adalah mencret dan demam. Obat mencret bisa berupa sirup yang mengandung kaolin pektin sedangkan demam bisa diatasi dengan antidemam semisal parasetamol.

Sebenarnya, tanpa obat kaolin pektin juga tak mengapa. Soalnya jika antibiotiknya cocok dan mampu menghabisi bakteri biang keladi mencret, maka gejala akan berangsur hilang.

Sebagai tambahan, jika diare berlangsung parah sehingga banyak cairan yang hilang, maka anak harus diberi cairan pengganti seperti oralit, larutan gula garam, sirup, dan cairan lainnya.

Sinonim:
penyebab anak mencret
diare pada balita
obat diare untuk bayi
penanganan diare pada anak
cara mengatasi mencret pada anak
muntah mencret demam pada bayi
obat diare anak
obat muntah dan mencret pada anak

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.