Minggu, 04 September 2016

Merk Pil KB Menyusui

Merk pil KB untuk ibu menyusui yang biasa dijual di apotik atau toko obat adalah Andalan Laktasi dan Exluton. Kedua merk ini hanya contoh saja. Masih ada merk lain yang mempunyai kandungan yang sama.

Apapun merk pil KB menyusui, umumnya hanya mengandung satu macam zat aktif, yaitu hormon progestin. Jenis yang banyak digunakan adalah lynestrenol.

Kandungan pil KB menyusui atau sering disebut pil mini berbeda dengan pil KB kombinasi. Pil KB yang disebut terakhir, selain mengandung hormon progestin juga mengandung hormon estrogen. Hormon estrogen inilah yang dapat menghambat produksi ASI. Itulah sebabnya pil KB kombinasi tidak boleh diberikan pada ibu yang menyusui.

Walaupun hanya mengandung satu jenis hormon, bukan berarti efektifitas pil kb untuk ibu menyusui berkurang. Pil tersebut dapat mencegah kehamilan hingga 99,7%, asal digunakan sesuai petunjuk. Syarat yang paling utama adalah harus diminum setiap hari diusahakan pada jam yang sama. Misal, setiap jam 9 malam menjelang tidur.

Pil KB untuk ibu menyusui dapat diminum setelah berhenti nifas. Jika telat minum, usahakan minum pil KB ini pada saat haid, yaitu pada hari 1-5 sejak mulainya haid.

Demikian, semoga bermanfaat.




Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.