Selasa, 27 September 2016

Bintik-bintik Gatal dan Berair di Sela Jari

Saya menderita gatal-gatal di sela jari tangan. Bersama dengan rasa gatal tersebut, muncul bintik kecil seperti ada airnya. Jika digaruk agak nyaman, tapi gatal bertambah. Kadang-kadang timbul luka akibat garukan yang keras. Penyakit apa ya yang menimpa saya dan apa obatnya?

Jika gejala di atas berlangsung lama dan sudah diobati dengan berbagai macam obat tidak mempan juga, kemungkinan Anda menderita penyakit skabies. Bahasa awamnya kudisan.

Ciri-ciri penyakit skabies atau kudis adalah bintik kecil seperti berisi cairan bening. Di daerah yang tumbuh bintik terasa sangat gatal. Bintik-bintik tersebut juga dengan cepat menyebar ke sekitarnya atau ke bagian tubuh yang lain yang sering kena garuk.

Pengobatan skabies atau kudis adalah dengan mengolesi bagian yang sakit dengan salep scabimite (isinya permethrin). Berbeda dengan salep biasa, cara pemakaian salep scabimite adalah setelah dioles, dibiarkan beberapa jam. Tidak boleh dicuci atau di lap. Dan cukup sekali itu saja pemakaiannya. Baru setelah seminggu, dilakukan pemakaian ulang sekali lagi.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.