Jumat, 30 September 2016

Bahaya Sering Memompa ASI

Saya ibu bekerja yang baru saja mempunyai seorang bayi. Apakah ada efek atau bahaya sering memompa ASI, karena saya tidak bisa memberikan ASI secara langsung buat bayi saya terutama di siang hari?

Pertama-tama kami mengucapkan selamat kepada Ibu yang tetap bertekad memberi ASI bagi bayinya walaupun sedang bekerja.

ASI adalah makanan yang paling cocok dan terbaik bagi bayi. Karena selain mengandung zat gizi yang seimbang, ASI juga mengandung zat daya tahun tubuh atau antibodi.

Mengenai antibodi dalam ASI, belum ada susu formula yang dapat menandinginya. Bahkan susu formula termahal sekalipun.

Antibodi dalam ASI berasal dari antibodi tubuh ibu yang masuk ke dalam cairan ASI. Antibodi ini berfungsi sebagai pasukan yang dapat membasmi berbagai macam kuman penyakit.

Kembali kepertanyaan Ibu, apakah bahaya memompa ASI?

Bisa kami informasikan bahwa sampai saat ini belum diketahui efek atau bahaya jangka panjang memerah ASI, baik dengan tangan maupun dengan alat. Mungkin ada yang mengatakan bahwa payudara akan kendor atau dapat memicu munculnya kanker, tetapi belum ada bukti ilmiah yang mendukungnya.

Untuk jangka pendek juga umumnya aman saja. Asalkan dilakukan dengan cara yang benar. Efek negatif yang mungkin terjadi adalah lecet put1ng atau kulit payud4ra. Selain itu, Ibu juga kadang-kadang merasakan nyeri terutama pada masa awal memompa ASI.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.