Rabu, 03 Agustus 2016

Demam Setelah imunisasi DPT, Berapa Hari?

Kebanyakan imunisasi tidak membuat anak demam, kecuali satu, yaitu Imunisasi DPT. Guna imunisasi ini untuk mencegah penyakit Difteri (D), Pertusis (P), dan Tetanus (T). Difteri adalah penyakit yang menyerang tenggorokan dan racunnya dapat menyebabkan kerusakan katup jantung. Pertusis dikenal dengan batuk seratus hari. Sedangkan Tetanus adalah penyakit kejang yang sering membawa kematian pada bayi.

Diantara ketiga komponen yang dikandung vaksin DPT, komponen pertusislah yang menjadi biang keladi demam. Komponen ini berupa bakteri pertusis utuh yang sudah dilemahkan.

Lama demam setelah imunisasi DPT berkisar satu sampai tiga hari. Kalau bayi diimunisasi paginya, demam baru muncul siang atau sore. Kapan demam menghilang? Tergantung kondisi bayi masing-masing. Ada bayi yang demamnya hilang pada malam harinya, ada yang keesokan harinya. Tetapi ada juga yang lumayan parah. Baru pada hari ketiga berhenti demam.

Agar bayi tidak terlalu rewel, bayi boleh diberi obat antidemam sebelum atau sesudah imunisasi. Contoh obatnya, sirup parasetamol dan ibuprofen. Pemberiannya selang 8 jam. Khusus parasetamol, kalau kepepet banget, demam tidak turun-turun juga, bisa selang 6 jam.

Bagi Ibu yang ga mau anaknya demam, maka tersedia vaksin lain yang lebih bersahabat. Namanya DTaP (Difteri, Tetanus, dan aseluler Pertusis). Rahasia vaksin ini adalah komponen pertusisnya bukanlah sel utuh.

Sayangnya, vaksin DTaP harganya mahal. Jadi jangan harap ada vaksin seperti ini di puskesmas atau bidan desa. Vaksin DTaP umumnya hanya bisa diperoleh di dokter praktek, bidan praktek, klinik, atau rumah sakit.

Mudah-mudahan bermanfaat ...

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

1 komentar:

Raisha klinik vaksinasi mengatakan...

Blog writing competition dengan tema vaksinasi. Dengah hadiah utama sebesar Rp 2.000.000,00. Syarat dan ketentuan :
1. Anda pemilik/pengguna blog yang siap menulis artikel seputar vaksinasi di blog Anda, bisa berupa pengalaman imunisasi, mengulas masalah imunisasi, dll.
2. Anda wajib memilih salah satu page/post di website http://klinikraisha.com yang sesuai dengan isi artikel Anda, kemudian email kami ke kvraisha@gmail.com untuk kami generate hyperlink yang harus Anda pasang pada artikel Anda.
3. Pendaftaran kami tutup tanggal 31 Oktober 2016 pk 24.00 WIB.
4. Pemenang akan diumumkan tanggal 1 November 2015 dengan mempertimbangkan jumlah kunjungan yang kami dapatkan dari blog Anda, kualitas konten Anda, dll.
Untuk info lebih lanjut silahkan Whatsapp ke nomor kami di 085868322301

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.