Kamis, 21 Juli 2016

Mata Anak Merah dan Belekan, Ini Obatnya

Mungkin suatu waktu anak ibu menderita sakit mata. Bagian mata yang biasanya putih, mendadak menjadi merah. Tidak hanya itu, mata juga mengeluarkan belek dan bengkak. Saat anak bangun di pagi hari, mata anak sulit dibuka karena kelopak mata atas bawah lengket satu sama lain.

Tak jarang anak mengeluh nyeri. Inilah yang membuat anak menjadi rewel.

Adanya belek pada mata merah mengindikasikan bahwa mata anak terinfeksi bakteri. Mikroorganisme ini berkembang biak di lapisan tipis permukaan bola mata, juga bagian dalam kelopak mata.

Belek merupakan hasil pertempuran antara bakteri dan daya tahan tubuh. Keduanya mati bersama-sama sehingga membentuk belek.

Sedangkan gejala mata merah muncul akibat adanya reaksi tubuh terhadap infeksi, yaitu berupa pelebaran pembuluh darah mata. Coba tengok dengan teliti ke dalam bola mata, tampak urat-urat merah halus. Itu adalah pembuluh darah.

Karena penyebabnya bakteri, maka obat yang paling cocok adalah antibiotik. Itulah sebabnya, mata merah yang disertai belek yang diobati dengan obat tetes penyegar mata yang banyak dijual di pasaran tidak kunjung sembuh. Malah gejala bertambah parah.

Ada berbagai jenis antibiotik yang tersedia untuk pengobatan mata. Yang paling mudah ditemukan dan relatif murah adalah kloramfenikol. Ada yang dalam bentuk salep, ada yang bentuk tetes mata. Bentuk salep biasanya ditujukan untuk bayi.

Ada juga yang lebih mahal. Biasanya dalam bentuk kombinasi antiradang dan antibiotik. Antibiotiknya pun tergolong canggih, yaitu neomosin dan polimiksin.

Jika infeksi mata masuk dalam kategori berat, anak kadang-kadang mengalami demam dan sakit kepala. Nah, untuk mengatasi kedua gejala ini digunakan obat pereda nyeri-demam seperti parasetamol atau ibuprofen. Dokter juga biasanya mempertimbangkan memberikan antibiotik minum.

Setelah beberapa jam pasca pemberian antibiotik, gejala biasanya mereda dan mata berangsur pulih. Warna merah dan belekan akan berkurang, kemudian menghilang.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

2 komentar:

Hipnoterapi Semarang mengatakan...

Blognya keren , di update terus artikelnya . semangat buat edukasi mengeni kesehatan

Hipnoterapi Semarang

iChal Zen mengatakan...

Terima kasih

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.