Senin, 25 Juli 2016

Baru Minum Pil KB Sehari, Bolehkah Berhubungan?

Sebagian besar obat, sesaat setelah diminum langsung berefek. Contohnya obat pereda demam parasetamol. Setelah diminum, obat ini segera masuk lambung dan usus. Lalu diserap oleh dinding usus dan masuk ke aliran darah. Parasetamol kemudian beraksi menekan senyawa kimia yang menyebabkan peningkatan suhu tubuh.

Apakah fenomena efek langsung juga berlaku untuk pil KB? Jawaban dari pertanyaan ini menentukan jawaban pertanyaan sebagian kaum hawa, yaitu apakah boleh berhubungan walau baru sehari minum pil KB.

Setelah diminum, pil KB akan masuk ke dalam lambung dan usus. Di usus, hormon yang terkandung dalam pil KB diserap dan masuk ke aliran darah. Sampai di sini, mekanisme masuk pil KB hampir sama dengan parasetamol.

Hormon kemudian beraksi di lokasi target yaitu indung telur dan mulut rahim. Di Indung telur hormon menghambat pelepasan sel telur, sedangkan di mulut rahim, hormon menyebabkan lendir mulut rahim mengental sehingga sp3rm4 sulit menembusnya.

Berbeda dengan parasetamol yang langsung menghasilkan efek berupa turunnya demam, maka hormon yang terkandung dalam pil KB baru berefek setelah beberapa hari.

Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan efek berbeda-beda bagi setiap orang. Oleh karena itu, dokter biasanya menetapkan jarak aman universal cukup lama, yaitu 7 hari.

Karena lambat berefek, maka tidak dianjurkan berhubungan jika pil KB baru diminum satu hari. Pada masa ini, efek perlindungan pil KB belum ada. Lendir mulut rahim belum mengental dengan baik dan masih ada kemungkinan proses pematangan sel telur tetap berlangsung.

Jika tetap nekat berhubungan, bisa saja kehamilan terjadi.



Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.