Rabu, 22 Juni 2016

Manfaat Pemeriksaan HbA1C

Kadang-kadang ada saja pasien yang nakal. Pasien yang doyan pencitraan. Ketika mau ke dokter untuk periksa kadar gula darah, ia menjaga makanannya. Alhasil, gula darahnya bagus. Tapi selepas itu, ia melahap makanan di luar anjuran. Bisa Kamu bayangkan, betapa baiknya citra pasien ini di depan dokter, sementara kenyataannya, gula darahnya tak terkendali dan siap untuk merusak.

Tapi itu masa lalu. Masa-masa sebelum adanya pemeriksaan HbA1c. Dengan HbA1c, pasien nakal seperti di atas bisa terdeteksi.

So, HbA1c itu apa?

Panjang ceritanya. Stay tuned.

Di dalam darah ada sel darah merah. Di dalam sel darah merah ada senyawa yang disebut hemoglobin. Nama singkatnya, Hb. Keunikan Hb ini adalah dapat berkombinasi dengan gula darah. Ketika sudah merger, mereka bernama HbA1c. Andaikata kadar gula darah tinggi, maka merger banyak terjadi. Akhirnya, HbA1c juga banyak.

Sel darah merah, termasuk tipe HbA1c ini, umurnya cukup panjang, sekitar 3-4 bulan. So, jika hari ini banyak HbA1c yang ketangkap, artinya banyak merger terjadi beberapa bulan sebelumnya. Artinya lagi, gula darah pernah tinggi di suatu waktu di rentang masa itu.

Trus, kalo ketahuan tinggi mau diapain?

Normalnya, kadar HbA1c antara 4% - 5,6%. Nilai di atas 6,5% dianggap sudah diabetes. Antara normal dan diabetes ada peralihan, yaitu 5,7-6,4%. Ini kategori beresiko diabetes tapi belum jatuh vonis diabetes.

Kalo dari pemeriksaan ketahuan HbA1c di atas 6,5%, walaupun hasil pemeriksaan gula lainnya normal, maka dokter akan memberikan obat-obat yang sesuai. Tentunya sepaket dengan nasehat untuk menjaga makanan plus berolahraga.

Kapan periksa lagi?

Bagi yang sebelumnya ketahuan tinggi, periksanya tiap 3 bulan. Tapi kalo normal dan diabetesnya terkontrol, boleh periksa tiap 2 tahun. Lumayan ngirit duit biaya periksa.

Itulah sepintas manfaat pemeriksaan HbA1c. Moga manfaat.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.