Selasa, 28 Juni 2016

Inilah Kandungan Vaksin Palsu

Di Indonesia, ada saja orang yang jago ngoplos. Mulai dari ngoplos miras, ngoplos minyak, sampai yang sangat heboh saat ini, ngoplos vaksin.

Dua yang pertama mungkin cuma berbahaya bagi pelaku atau sedikit orang, sedangkan satu yang terakhir, yakni pengoplos vaksin, bisa membahayakan banyak orang. Parahnya lagi, yang terkena dampak adalah bayi di bawah satu tahun.

Pengoplos vaksin palsu yang tertangkap mengaku bahwa mereka menggunakan cairan infus, antibiotik gentamisin, dan antiserum tetanus sebagai bahan baku.

Untuk cairan infus, pengoplos biasa menggunakan cairan NaCl. Larutan ini murah harganya, mudah didapat, dan untungnya, tidak berbahaya bagi tubuh. Tetapi itu jika kondisi larutan masih steril, bebas dari mikroorganisme. Jika sudah terkontaminasi, mungkin saja timbul infeksi pada lokasi suntikan atau jika kurang beruntung, infeksi menjalar ke seluruh tubuh.

Sedangkan untuk gentamisin, ini juga memang bawaannya boleh diinjeksikan. Tapi keperluannya untuk membunuh bakteri. Tak ada hubungan dengan perlindungan tubuh. Padahal tujuan pemberian vaksin adalah untuk memberikan kekebalan terhadap serangan penyakit.

Kalau antiserum tetanus masih mending. Senyawa ini memang digunakan untuk membangkitkan kekebalan terhadap tetanus. Masalahnya adalah, antiserum ini sudah diencerkan dengan cairan infus, jadi kadarnya lebih sedikit. Tentu saja, efeknya menjadi sangat berkurang. Sia-sia juga.

Walaupun ketiga kandungan vaksin bodong di atas tidak ada yang berbahaya secara langsung, tapi efek yang diharapkan dari pemberian vaksin tidak ada. Anak tidak terlindungi dan dapat terserang penyakit sewaktu-waktu.

Jadi, jika curiga anak Anda mendapat vaksin palsu, segera ke puskesmas, rumah sakit, atau tempat lainnya yang terpercaya untuk mendapat vaksin ori. Demikian.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

3 komentar:

jualobatasamurat mengatakan...

lebih hati hati memilih vaksin
http://jualobatpenurunasamurat.blogspot.co.id/

Hipnoterapi Semarang mengatakan...

Infonya sangat bermanfaat . jaman sekarang ini lebih hati-hati aja ...
Hipnoterapi Semarang
Banyak yang bersandiwara

Unknown mengatakan...


The use of vaccines as one satutools in medical practice is unique
togel sgp

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.