Minggu, 26 Juni 2016

Ini Zat yang Dideteksi oleh Tes Pack

Beda dengan zaman kakek nenek kita dulu, saat ini tes pack sudah lazim dilakukan. Selain karena mudah di dapat, harganya pun sangat murah. Bahkan mahalan es krim. Juga bisa dilakukan di mana saja. Di rumah, di kamar mandi, atau bagi yang nyentrik, di atas pohon :)

Cara melakukan pemeriksaan tes pack semudah membalik telapak tangan. Cukup tampung air kencing, kalo bisa yang pertama keluar di pagi hari. Katanya, supaya lebih pekat. Kemudian celupkan ujung tes pack. Biarkan air kencing meresap ke atas. Angkat dan diamkan beberapa saat.

Lihat hasilnya. Jika ada satu garis pink berarti ga hamil. Jika ada dua garis pink berarti hamil. Jika ga ada garis sama sekali, berarti tes packnya rusak. Beli lagi.

Kenapa kencing yang diperiksa? Ada apa di dalam kencing?

Ceritanya begini ...

Bersamaan dengan kehamilan, hormon kehamilan turut meningkat. Hormon ini tidak hanya beredar dalam darah, tapi ikut juga keluar bersama air kencing.

Di dunia medis, hormon kehamilan itu dinamai bHCG, singkatan dari beta Human Chorionic Gonadotropin. Produsennya adalah ari-ari janin.

Nah, ketika ujung tes pack dicelup, hormon bHCG yang ada di dalam air kencing ikut meresap naik. Saat hendak melewati garis periksa, hormon tertangkap. Akibatnya, garis periksa berubah warna menjadi pink.

Dan kesimpulannya, ibu sudah hamil.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.