Kamis, 30 Juni 2016

Dampak Mengerikan Bocornya Usus Buntu

Bayangkan apa yang terjadi jika pipa WC di rumah Anda bocor?

Begitu pula dengan usus buntu. Jika bocor dapat muncul dampak yang cukup mengerikan. Antara lain gejala yang berat, operasi usus buntu yang lebih luas, dan mungkin saja jiwa penderita tak tertolong.

Gejala usus buntu yang bocor tidak terbatas pada lokasi usus buntu saja. Akibat tinja di dalam usus keluar lewat lubang yang bocor, rongga perut akan terinfeksi. Keadaan ini memicu nyeri hebat dan dinding perut mengeras seperti papan. Tak hanya itu, penderita juga mengalami demam tinggi dan kadang-kadang gangguan kesadaran.

Akibat terinfeksinya rongga perut, operasi usus buntu menjadi lebih luas. Sayatan operasi lebih panjang dibandingkan operasi usus buntu yang belum bocor. Selain itu, operasi menjadi lebih sulit dan lama. Kenapa? Karena kotoran dan nanah harus dibersihkan secara total. Tak boleh ada yang tersisa.

Tak hanya di rongga perut, infeksi dapat pula menyebar ke seluruh pembuluh darah. Septikemia namanya. Kondisi ini sangat berbahaya. Pada beberapa kasus, walaupun dokter sudah melakukan berbagai upaya, tetap saja pasien tidak tertolong.

Ketiga dampak mengerikan di atas muncul umumnya karena abai terhadap gejala usus buntu yang masih ringan. Atau menolak operasi padahal dokter sudah sangat menganjurkannya.

Oleh karena itu, waspadai gejala usus buntu, seenteng apa pun.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.