Minggu, 15 Mei 2016

Tekanan Darah 140/90, Apakah Normal?

Pengukuran tekanan darah saat ini tidak hanya dilakukan di tempat praktek dokter atau rumah sakit oleh tenaga medis, tapi juga di rumah oleh pasien sendiri. Hal ini memungkinkan karena adanya alat pengukur tekanan darah digital otomatis. Alat ini tidak membutuhkan alat tambahan seperti stetoskop dan tidak perlu keahlian khusus.

Barangkali ada sebagian orang yang mendapati hasil pemeriksaan tekanan darahnya adalah sebesar 140/90 mmHg dan bertanya apa artinya? Apakah normal?

Tekanan darah yang normal adalah 120/80 mmHg atau kurang dari itu.  Sedangkan di atasnya terbagi ke dalam beberapa kategori.

Kategori Perbatasan: 120/80 sampai dengan 139/89.
Tekanan darah tinggi level I: `140/90 sampai dengan 159/99.
Tekanan darah tinggi level II: di atas 160/100.

Di dalam level II ada kategori lain, yaitu krisis hipertensi yaitu jika tekanan darah lebih dari 180/110 mmHg. Ditinjau dari kacamata medis, krisis hipertensi ini harus segera ditangani dengan prosedur gawat darurat. Hanya saja tidak demikian kenyataan di lapangan. Ada orang yang tekanan darahnya sangat tinggi, tapi karena gejalanya ringan, anteng-anteng aja. Orang ini tak sadar bahwa bahaya besar mengintainya: stroke atau serangan jantung.

Kembali ke judul, tekanan darah 140/90 mmHg apakah masuk kategori normal? Jawabnya tidak. Tekanan darah seperti ini digolongkan ke dalam hipertensi derajat I. Tindakan yang perlu dilakukan adalah mengurangi konsumsi garam dan vetsin (MSG), kurangi konsumsi lemak, olahraga teratur, jika gemuk turunkan berat badan, dan hindari stres. Jika tekanan darah tak bergeming jua, boleh mengkonsumsi satu jenis obat tekanan darah misalnya captopril atau nifedipin. Tentunya lebih dulu berkonsultasi ke dokter.

Hal yang paling penting dari semua itu adalah tetap mengontrol tekanan darah secara teratur. Kalo sudah nyata hipertensi, adalah cukup bijak jika mengontrol tekanan darah sebulan sekali atau lebih sering.

Semoga bermanfaat ...




Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.