Selasa, 17 Mei 2016

Inilah Gejala Tersering Hipertensi

Apa gejala tersering dari penyakit hipertensi? Gejala terseringnya adalah tidak ada gejala.

Penyakit hipertensi termasuk ke dalam jajaran penyakit silent killer atau pembunuh senyap. Pasalnya, penyakit ini dapat berkembang diam-diam tanpa diketahui siapapun, bahkan oleh penderitanya sendiri. Kadang-kadang penyakit baru ketahuan ketika komplikasi berat seperti stroke terjadi.

Mungkin penderita merasakan sakit kepala dan tegang tengkuk, tapi seringkali diabaikan. Gejala ini dianggap penyakit biasa, oleh karena itu hanya diobati dengan obat pereda nyeri semisal parasetamol.

Oleh karena tak bergejala, maka salah satu cara terbaik untuk menemukan penyakit ini adalah dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah. Pemeriksaan ini sangat sederhana, cepat, dan tanpa rasa nyeri. Pemeriksaan bisa dilakukan di puskesmas, tempat praktek dokter, bidan, perawat, bahkan di rumah sendiri oleh pasien sendiri. Tentunya jika menggunakan tensimeter digital yang serba otomatis.

Bagi mereka yang tekanan darahnya normal, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ulang setiap dua tahun sekali. Lebih sering juga tidak mengapa.

Deteksi dini penyakit hipertensi penting, karena dapat menjadi acuan untuk melakukan penyesuaian pola hidup dan konsumsi obat-obat penurun tekanan darah. Dengan demikian, dapat menghindarkan seseorang dari komplikasi serius atau kematian akibat penyakit darah tinggi.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.