Minggu, 22 Mei 2016

3 Manfaat Pemeriksaan Tekanan Darah

Pemeriksaan tekanan darah merupakan salah satu inovasi ajaib di dunia medis. Pemeriksaan ini sederhana, tanpa nyeri dan tidak memerlukan tempat khusus. Bahkan bisa dilakukan di rumah masing-masing.

Meskipun sederhana, tapi manfaatnya luar biasa, terutama untuk penyakit darah tinggi. Pemeriksaan tekanan darah dapat digunakan untuk mendeteksi, memantau keparahan, dan memantau keberhasilan pengobatan penyakit darah tinggi.

#1 Mendeteksi Penyakit Darah Tinggi

Banyak orang tidak menyadari bahwa ia sedang menderita penyakit darah tinggi. Penyebabnya, penyakit darah tinggi sering tidak bergejala. Kalaupun ada gejala, paling banter pusing, tegang tengkuk, atau rasa tidak nyaman di kepala. Karena ketiga gejala ini lazim terjadi dalam keseharian, maka penderita cenderung mengabaikannya.

Pada banyak kasus, penderita baru tau ia mengalami darah tinggi setelah ‘iseng-iseng’ memeriksakan tekanan darahnya.  Tentunya tak sedikit yang terkejut dan tak percaya bahwa ia menderita tekanan darah tinggi.

#2  Memantau Keparahan Penyakit Darah Tinggi

Bagi yang sudah mengetahui bahwa mereka menderita penyakit darah tinggi, sebaiknya memeriksakan tekanan darahnya secara teratur. Jika diketahui tekanan darah tetap tinggi, tentunya mereka akan terdorong untuk mencari pengobatan.

Tekanan darah yang terus menerus tinggi dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan komplikasi serius seperti pembengkakan jantung, kerusakan ginjal, dan stroke.

#3 Memantau Keberhasilan Pengobatan

Obat antihipertensi ada berbagai macam jenisnya. Setiap jenis mempunyai efek berbeda untuk setiap orang. Ada yang cocok ada yang tidak cocok. Jika seseorang mengkonsumsi suatu obat tetapi tekanan darahnya ketika dipantau masih tinggi, artinya obat tersebut tidak cocok. Mungkin obat harus diganti atau dikombinasikan dengan obat lain. Tetapi jika tekanan darah turun dan terkontrol, berarti obat tersebut sudah cocok.

Oleh karena manfaatnya yang sangat besar, maka sangat dianjurkan seseorang memeriksakan tekanan darahnya. Akan lebih baik lagi jika diperiksa secara teratur. Bagi mereka yang masih muda dan tekanan darahnya normal, bisa dilakukan pemeriksaan sekali tiap dua tahun.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.