Selasa, 26 April 2016

Virus HIV Menular Lewat Nyamuk?

Salah satu pertanyaan yang kerap kita dengar adalah, apakah virus HIV dapat menular lewat gigitan nyamuk? Seperti halnya virus dengue.

Sampai saat ini, belum ada bukti ilmiah bahwa virus HIV dapat ditularkan dari seorang penderita ke orang lain lewat gigitan nyamuk.

Setidaknya ada dua alasan yang mendasarinya.

Pertama, virus HIV tidak dapat berkembang biak di dalam tubuh nyamuk. Kenapa? Karena untuk beranak pinak, virus HIV butuh sel T yang cocok yang tidak ada di nyamuk. Nasib virus HIV selanjutnya bisa ditebak. Akan mati dan hancur di dalam lambung dan usus nyamuk.

Kedua, ketika nyamuk menghisap darah penderita, belum tentu darah yang ditelan olehnya mengandung virus HIV. Konon, andaikata ada sepuluh juta ekor nyamuk menghisap dalam waktu bersamaan, kemungkinan hanya satu ekor yang menghisap darah yang mengandung virus HIV.

Lalu bagaimana dengan virus dengue?

Walaupun berasal dari bangsa yang sama, virus dengue (kadang-kadang dipanggil juga dengan nama virus demam berdarah) memiliki karakter yang berbeda. Virus ini mampu menggunakan sel-sel nyamuk sebagai mesin untuk membuat anak. Ketika anaknya sudah banyak, para anak bermigrasi ke kelenjar ludah. Saat nyamuk menggigit manusia, ludah plus virus akan masuk ke dalam tubuh manusia korban.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.