Sabtu, 23 April 2016

Virus Dengue eksis di Telur Nyamuk

Virus dengue adalah virus yang menjadi biang kerok penyakit demam berdarah. Virus ini nebeng di tubuh nyamuk Aedes aegypti. Lewat nyamuk inilah, virus dengue ditularkan dari seorang penderita ke orang lain.

Dulu orang menganggap bahwa ketika nyamuk Aedes terinfeksi virus dengue, maka hanya ia yang menderita. Tidak dengan keturunannya. Dan ketika si nyamuk mati, tamatlah riwayat virus dengue yang ada di tubuhnya.

Ternyata belakangan diketahui bahwa anggapan ini keliru. Ketika nyamuk Aedes bertelur, virus dengue turut masuk ke dalam telur. Saat telur menetas dan menjadi jentik, virus dengue eksis di dalam jentik, dan saat jentik menjadi nyamuk dewasa, virus juga eksis di dalam tubuh nyamuk dewasa tersebut. Tentunya, nyamuk pendatang baru ini siap untuk menularkan virus dengue ke manusia, jika ia betina. Kenapa? Karena hanya nyamuk betina yang menggigit manusia :)

Barangkali, karena virus dengue adalah ‘penyakit menurun’ pada  dunia pernyamukan, maka penyakit dengue alias demam berdarah sulit diberantas. Bahkan, jumlahnya semakin banyak dari tahun ke tahun. Tak hanya itu, wilayah yang terkena semakin luas, sampai ke kota-kota kecil yang dulunya tak pernah terdengar ada orang yang menderita penyakit demam berdarah.

Semoga bermanfaat ...

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.