Jumat, 29 April 2016

Jumlah Sel Telur Wanita Tiap Bulan

Normalnya, setiap bulan seorang wanita mengeluarkan satu butir sel telur. Sebenarnya penggunaan istilah setiap bulan tidak terlalu tepat. Istilah yang cocok adalah setiap siklus haid. Masing-masing wanita mempunyai lama siklus haid yang berbeda-beda. Ada 25 hari, 28 hari, 30 hari, dan sebagainya.

Karena indung telur tempat pematangan sel telur ada dua, yaitu kiri dan kanan, maka kedua indung telur tersebut melepaskan sel telur bergantian. Jika siklus haid kali ini sel telur keluar dari indung telur kiri, maka siklus haid berikutnya keluar dari indung telur kanan. Begitu seterusnya.

Kapan sel telur dilepaskan?

Untuk wanita yang mempunyai siklus haid 28 hari, sel telur lepas dari persemayamannya antara hari ke-14 dan 16. Masa ini disebut masa subur.

Bisakah sel telur keluar lebih dari satu?

Bisa saja, lepas 2, 3, 4 atau lebih dalam satu siklus. Jika hal ini terjadi dan pada saat itu ada sper*a yang masuk, kemungkinan akan terjadi kehamilan kembar.

Jika sel telur sudah habis di ‘gudang’ dan tak ada lagi yang bisa dilepaskan, wanita akan memasuki masa mati haid atau menopause. Biasanya terjadi di sekitar usia 50 tahun.

Semoga bermanfaat ...

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.