Sabtu, 30 April 2016

Gatal di Tangan plus Bintik-bintik

"Seorang pasien datang dengan keluhan gatal di tangan terutama di sela-sela jari. Pada kulit yang gatal ditemukan bintik-bintik kecil seolah-olah berisi cairan. Sudah berobat ke dokter dan dukun tapi tak kunjung sembuh. Pasien sudah hampir putus asa dengan penyakitnya itu."

Apakah pasien di atas menderita penyakit yang misterius?

Tidak juga.

Lalu sakit apa?

Salah satu penyakit yang sering luput diagnosisnya, bahkan oleh dokter sekalipun adalah skabies atau kudis. Mungkin karena penyakit ini jarang dijumpai.

Ciri utama skabies atau kudisan adalah rasa gatal yang amat sangat. Anehnya, ketika digaruk walaupun agak terasa nyaman, gatal semakin menjadi-jadi. Ini mendorong penderita menggaruk lebih keras lagi. Dalam beberapa kasus, sampai timbul luka.

Ciri lain kudisan adalah ada bintik-bintik. Penyakit ini juga ngeyel walaupun sudah diobati dengan antijamur, antialergi, antivirus, atau antibakteri. Penyakit kerap menyebar ke tangan yang lain atau bagian tubuh lain.

Obat kudisan gak ribet-ribet amat. Cukup sekali diolesi salep dan dibiarkan beberapa jam. Lalu ulangi seminggu kemudian.

Salep yang manjur adalah yang mengandung permetrin. Nama dagangnya scabimite. Harganya lumayan, 50 ribuan.

Dulu salep yang digunakan adalah yang mengandung gamexan, merek dagangnya scabicid. Tapi saat ini susah dicari. Barangkali tidak diproduksi lagi.

Demikian, semoga bermanfaat dan bagi penderita skabies, sembuh dan gak gatal lagi.




Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.