Rabu, 13 April 2016

Berat Badan Bayi Normal Saat Lahir

Ketika seorang ibu melahirkan di fasilitas kesehatan atau oleh tenaga kesehatan, salah satu ‘ritual’ wajib yang mesti dijalani bayinya adalah penimbangan. Kalau sehari-hari, kita kerap menggunakan satuan kilogram (kg), maka untuk bayi baru lahir satuan penimbangan yang digunakan adalah gram (gr).

Manfaat utama penimbangan adalah untuk mengetahui status berat badan dari bayi, apakah normal, kurang, atau lebih.

Sesuai kesepakatan para ahli, berat badan bayi normal saat lahir adalah 2500 gr sampai dengan 4000 gr. Berat di bawah 2500 gram dikategorikan sebagai bayi dengan berat badan lahir rendah, sedangkan berat di atas 4000 gr dikategorikan sebagai bayi dengan berat badan lahir besar.

Tentunya, Ibu dan keluarganya sangat mengharapkan bayinya lahir dengan berat badan lahir yang normal.

Tapi bagaimana jika bayinya lahir kecil atau besar?

Perlu penanganan khusus tergantung kondisi bayi. Kadang-kadang bayi perlu dirawat di dalam mesin inkubator. Mesin ini biasanya bersuhu hangat dan mendapat suplai oksigen.

Perlu diketahui bahwa bayi yang berat badan lahirnya kurang rentan mengalami infeksi, gangguan pernapasan, badan kuning, dan suhu tubuh rendah. Pun demikian dengan bayi yang berat badan lahirnya lebih. Bayi demikian mudah mengalami hipoglikemia, yaitu kondisi dimana gula darah bayi drop. Jika tak diatasi, bayi bisa kejang dan mengalami kerusakan otak.

Demikian, semoga bermanfaat ...

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

1 komentar:

perangsang ampuh mengatakan...

terima kasih sudah berbagi info seputar berat badan bayi ideal yang penting ini.

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.