Kamis, 17 Maret 2016

Target Gula Darah Pasca Pengobatan

Salah satu kunci untuk mencegah timbulnya komplikasi merugikan pada penderita diabetes adalah dengan mengelola gula darah dengan baik. Pengelolaan tersebut bisa berupa menerapkan pola hidup sehat (olahraga, menurunkan berat badan, mengatur pola makan), atau mengkonsumsi obat-obatan penurun gula.

Gula darah dianggap tinggi jika berada di atas 200 mg% (gula darah sewaktu). Pada penderita diabetes yang tidak terkelola dengan baik, gula darah bisa mencapai 500an mg%. Tentunya kondisi ini sangat berbahaya.

Sebaliknya, gula darah yang dikendalikan dengan baik akan mencegah timbulnya berbagai macam komplikasi seperti kerusakan saraf, kerusakan pembuluh darah, kerusakan ginjal, kerusakan mata, dan sebagainya. Bahkan, penderita diabetes yang gula darahnya senantiasa terkontrol, kualitas hidupnya dapat menyamai orang sehat tanpa diabetes.

Mungkin ada yang bertanya, berapa sih target gula darah yang dikatakan terkontrol?

Target gula darah tergantung pada usia dan kondisi medis. Berikut acuannya.

Mereka yang berusia 59 tahun atau lebih muda dan tidak mempunyai penyakit medis, target gula darah adalah antara 80-120 mg%.

Sedangkan mereka yang berusia 60 tahun atau lebih, atau mereka yang mempunyai penyakit medis seperti penyakit jantung, paru, atau ginjal, target gula darah pasca pengobatan adalah antara 100-140 mg%.

Demikian, semoga bermanfaat ...

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.