Jumat, 04 Maret 2016

Berapa Sys Dia Pulse Normal?

Jika Anda menggunakan tensi digital, maka ada 3 parameter yang biasanya tertera pada layar, yaitu Sys, Dia, Pulse.

Apa maksud dari ketiga parameter tersebut?

Sys merupakan singkatan dari Systole (dibaca sistol). Ejaan Indonesianya adalah Sistole. Parameter ini menunjukkan tekanan darah ketika jantung berdetak atau saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Pada fase ini, tekanan darah mencapai puncaknya.

Dia adalah singkatan dari Diastole (dibaca diastol). Parameter ini menunjukkan tekanan darah ketika jantung istirahat di antara dua denyutan. Tekanan darah pada diastole menunjukkan angka yang lebih rendah daripada systole. Pada fase diastole, jantung mulai terisi darah dan ketika penuh akan memompa isinya keluar.

Systole dan Diastole terjadi bergantian, terus menerus sepanjang manusia masih hidup.

Perlu diketahui bahwa jantung terdiri dari serabut otot, seperti halnya otot lengan. Oleh karena itu, ketika tekanan systole sangat tinggi dan terjadi terus menerus misalnya pada penyakit tekanan darah tinggi, maka otot jantung akan membesar. Dokter biasanya mengatakan bahwa jantung bengkak.

Pulse diartikan sebagai jumlah denyutan jantung atau berapa kali jantung berdetak selama satu menit.

Berapakah Sys, Dia, Pulse yang normal?

Sys normal adalah 120 mmHg atau di bawahnya sedikit. Nilai antara 120-139 menunjukkan keadaan cenderung hipertensi, tapi belum hipertensi, sedangkan nilai di atas 140 mmHg dikategorikan sebagai hipertensi.

Dia normal adalah 80 mmHg atau di bawahnya sedikit. Nilai antara 80-89 menunjukkan kondisi cenderung hipertensi (prehipertensi), sedangkan nilai 90 mmHg ke atas dikategorikan sebagai hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Pulse yang normal adalah berkisar antara 60-100 kali per menit. Nilai di atasnya disebut takikardi dan nilai di bawahnya disebut bradikardi.

Semoga bermanfaat ...

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.