Minggu, 13 Maret 2016

Susu ASI di Kulkas Tahan Berapa Lama?

Bagi ibu bekerja atau ibu yang kondisinya tidak dapat menyusui bayinya secara langsung, alternatif terbaik agar tetap dapat memberikan ASI adalah dengan ASI perah.

Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan ibu berkenaan dengan ASI perah adalah, berapa lama Susu ASI dapat bertahan, baik di suhu ruangan maupun di dalam kulkas?

Kemampuan susu ASI bertahan dari kerusakan sangat tergantung pada kondisi penyimpanannya. Berikut pedoman yang kira-kira dapat dijadikan acuan oleh para Ibu.

Jika susu ASI diletakkan di luar kulkas alias di dalam ruangan bersuhu ‘biasa’ (27-32oC), susu ASI tersebut bertahan sekitar setengah hari atau 12 jam.
Jika disimpan dalam suhu udara dingin sekitar 19-25oC, dapat bertahan selama 2 hari atau 48 jam.
Susu ASI yang disimpan di dalam lemari es bersuhu 0-4oC dapat bertahan hingga 8 hari.
Jika susu ASI disimpan di dalam bagian freezer lemari es dan sering dibuka-buka, ASI dapat bertahan hingga 2 bulan, sedangkan jika freezer tersebut jarang dibuka, dapat bertahan lebih lama lagi, yaitu 3-4 bulan.

Pedoman di atas tidak bisa dipegang secara kaku. Penerapannya perlu juga dilihat kondisi ASI secara fisik. Jika ada tanda-tanda ASI rusak, walaupun waktu penyimpanan masih lama, ASI tidak boleh digunakan lagi.

Perlu juga diperhatikan, bahwa susu ASI yang sudah dihangatkan setelah diambil dari freezer, tidak boleh disimpan kembali.

Demikian, semoga bermanfaat ...




Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

2 komentar:

Adriannisa mengatakan...

Oh beda ya daya tahannya kalau freezernya sering dibuka-buka.. Kirain sama aja bisa 6 bulan

Blog-Dokter mengatakan...

Jika sering dibuka, suhunya naik turun, sehingga turut berpengaruh.

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.