Selasa, 01 Maret 2016

Nama Obat Maag di Apotek

Apa nama obat maag yang dijual di apotek?

Nama obat maag yang dijual di apotek banyak macamnya. Kalau dihitung-hitung bisa puluhan nama. Tapi pada dasarnya, obat-obat tersebut terbagi ke dalam 3 golongan. Apa saja? Berikut uraiannya.

Golongan Antasida

Obat golongan antasida yaitu obat yang bersifat basa, sehingga ketika bersua dengan asam lambung, maka asam tersebut akan menjadi berkurang keasamannya. Obat ini mengandung bahan aktif seperti MgOH, AlOH, dan sebagainya. Contoh obat antasida yang dijual di apotek adalah promag, mylanta, sanmag, dan sebagainya.

Golongan Penghambat Reseptor Histamin 2

Obat golongan Penghambat Reseptor Histamin 2 dengan mengurangi produksi asam lambung oleh sel penghasilnya yang ada di dinding lambung. Contoh obat golongan ini yang dijual di apotek adalah simetidin, ranitidin, famotidin, dan lain-lain.

Golongan Penghambat Pompa Proton

Obat golongan ini hampir sama tujuannya dengan obat golongan Penghambat Reseptor Histamin 2 , yaitu mengurangi produksi asam. Hanya saja, mekanisme kerjanya yang berbeda. Obat golongan ini, sesuai dengan namanya, bekerja dengan menghambat pompa proton (ion H+) di dinding sel. Contoh obat golongan ini yang dijual di apotek adalah omeprazole, lanzoprazole, dan sebagainya.

Selain ketiga golongan di atas, ada dua obat lagi yang kadang-kadang diberikan pada penderita maag. Pertama, sukralfat. Obat ini bertujuan untuk melapisi kulit mukosa lambung yang mengalami perlukaan. Kedua, antibiotik. Tujuan pemberian antibiotik adalah untuk membunuh bakteri Helicobacter pylori yang sering dituding sebagai salah satu penyebab sakit maag kronis.

Demikian, semoga bermanfaat.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

2 komentar:

Daniel Telussa mengatakan...

Apotek Munggu Farma.
Menyediakan obat, suplemen atau makanan kesehatan terlengkap di Gresik.
Alamat : Jalan Raya Munggugiyanti 30 A, Benjeng, Gresik
CP Udin : 085732773617

Obat Pembesar Penis mengatakan...

nice post....

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.