Selasa, 09 Februari 2016

Vaksin DPT Combo, 4 Vaksin Bersatu

Pasti banyak Pembaca yang pernah mendengar tentang vaksin DPT. Bahkan mungkin juga ada diantara Pembaca sekalian yang waktu balita dulu mendapat suntikan vaksin DPT ini.

Sekedar pengingat, vaksin DPT adalah vaksin yang terdiri dari gabungan tiga vaksin, yaitu difteri, pertusis, dan tetanus. Difteri adalah penyakit infeksi yang menyerang tenggorokan dan katup jantung. Pertusis disebut juga batuk seratus hari. Kalau tetanus sudah pasti pada tahu, penyakit infeksi dengan gejala utama kejang-kejang.

Sekarang, selain tiga penyakit tersebut, vaksin DPT ditambahkan satu jenis vaksin lagi, yaitu vaksin hepatitis B. Manfaat vaksin ini adalah untuk menangkal penyakit hepatitis B. Gejala utama penyakit ini adalah kerusakan hati. Bahasa awamnya, penyakit liver.

Jadi saat ini, vaksin DPT sudah berisi empat vaksin dan disebut dengan DPT Combo.

Cara pemberiannya sama saja. Disuntikkan di otot paha bayi. Efek sampingnya juga sama. Dapat menimbulkan demam. Oleh karena itu, sebelum atau sesaat setelah vaksinasi, diberikan obat demam semisal parasetamol atau ibuprofen.

Demikian, semoga bermanfaat.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

1 komentar:

Qeysha mengatakan...

Makasih banyak infonya ...

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.