Jumat, 19 Februari 2016

Tekanan Bola Mata Normal

Di dunia medis, bukan hanya darah yang diukur tekanannya. Ada satu organ lagi yang kadang-kadang diukur tekanannya, yaitu bola mata.

Seperti halnya tekanan darah, tekanan bola mata dinyatakan dalam satuan mmHg (dibaca milimeter air raksa).

Walaupun satuannya sama, tapi cara mengukur tekanan darah dan tekanan bola mata sangat berbeda. Jika tekanan darah menggunakan manset yang dipompa serta stetoskop, maka pada bola mata digunakan alat yang disebut dengan tonometer. Cara pemeriksaannya seperti berikut:

  1. Bola mata ditetesi cairan pemati rasa (anestetik lokal), tujuannya agar mata tidak sensitif dan tidak berkedip saat diperiksa.
  2. Alat seperti pensil di tekankan ke dalam bola mata, lalu hasilnya dibaca pada alat.

Cara di atas adalah cara konvensional. Saat ini tersedia alat pengukur tekanan bola mata yang lebih canggih, yaitu menggunakan semburan udara. Teknik ini sering disebut dengan pneumotonometri.

Tekanan bola mata normal adalah 12-22 mmHg. Jika tekanan lebih dari itu, maka dicurigai ada gangguan mata berupa glaukoma. Perlu diketahui, bahwa penyakit glaukoma jika tidak diobati dengan tepat, dapat menimbulkan kebutaan.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.