Kamis, 25 Februari 2016

Obat Sakit Mata Pada Bayi

Dok, apa obat sakit mata pada bayi?

Sebelum melakukan pengobatan, perlu diketahui jenis sakit mata pada bayi. Sakit mata pada bayi umumnya adalah mata belekan dan mata merah, atau keduanya.

Mata Belekan

Penyebab tersering mata belekan pada bayi adalah belum sempurnanya perkembangan saluran pembuangan air mata. Saluran ini terletak di bagian dalam kelopak mata bawah dekat hidung, bermuara di dalam rongga hidung. Akibatnya, air mata menumpuk di mata dan merangsang terbentuknya belekan.

Cara mengatasinya adalah membersihkan belekan dengan kapas, yaitu dengan mengusapnya dari dalam (bagian dekat hidung) ke luar. Jika belekannya banyak sampai mata lengket, celupkan kapas di air hangat, lalu kompres mata dengan kapas tersebut. kemudian bersihkan belekan secara perlahan.

Selain membersihkan belekan, lakukan pemijatan dengan ujung jari pada saluran pembuangan air mata. Caranya dengan menekan secara lembut pangkal hidung sejajar mata, lalu menggeser jari ke arah bawah menelusuri pinggir hidung. Lakukan beberapa kali.

Mata Merah

Penyebab mata merah tanpa ada belekan pada bayi adalah iritasi atau infeksi virus. Jika disertai bengkak kelopak mata biasanya adalah infeksi virus. Jika hal ini terjadi, bersihkan mata bayi dan cegah pemaparan terhadap bahan yang menyebabkan iritasi, misalnya debu. Jika sakit berlanjut bawalah bayi ke dokter.

Mata Merah disertai Belekan

Jika mata bayi merah disertai belekan, biasanya penyebabnya adalah infeksi bakteri. Untuk mengatasinya perlu diberikan obat antibiotik, biasanya berupa tetes mata. Saat ini tersedia obat tetes mata yang tidak hanya mengandung antibiotik, tapi juga obat antiperadangan sehingga keluhan sakit mata dapat berkurang dengan cepat. Perlu diketahui, obat tetes mata yang mengandung antibiotik harus ditebus dengan resep, oleh karena itu sebaiknya bayi di bawa ke dokter.

Semoga bermanfaat ...

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

1 komentar:

Adinda mengatakan...

mending konsultasikan langsung ke dokter masalah mata bayi mah

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.