Minggu, 28 Februari 2016

Manfaat Imunisasi BCG Bagi Bayi

"Dok, apa manfaat imunisasi BCG bagi bayi?"

Manfaat imunisasi BCG bagi bayi adalah untuk mencegah bayi terinfeksi penyakit tuberkulosis. Penyakit tuberkulosis sendiri adalah penyakit infeksi yang disebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis. Umumnya bakteri ini menyerang paru-paru.

Imunisasi BCG diberikan pada saat usia bayi satu bulan. Cara pemberiannya adalah dengan menyuntikkannya pada kulit lengan atas. Hal ini berbeda dengan imunisasi lain yang disuntikkan ke jaringan bawah kulit atau ke dalam otot.

Pemberian imunisasi BCG cuma satu kali, jadi tidak perlu suntikan susulan sebagai penguat. Jika dilakukan dengan benar, sekali suntikan saja sudah cukup untuk melindungi seseorang seumur hidup dari infeksi bakteri tuberkulosis.

Salah satu yang sering terjadi pasca penyutikan imunisasi BCG adalah muncul nanah pada tempat suntikan. Hal ini normal saja. Luka bernanah tersebut biasanya akan sembuh dan meninggalkan bekas jaringan parut.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.