Rabu, 17 Februari 2016

Gejala ISK, Sering Buang Air Kecil

ISK adalah singkatan dari Infeksi Saluran Kemih. Sesuai dengan namanya, penyakit ini timbul akibat infeksi pada saluran kemih. Penyebab infeksi umumnya adalah bakteri, dan bakteri yang paling sering menjadi biang keladi adalah Escherichia coli. Saluran kemih yang terkena bisa bagian uretrha atau kandung kemih (vesica urinaria). Jika infeksinya parah, ginjal dapat terimbas.

Gejala ISK yang paling kerap dijumpai adalah sering buang air kecil atau frekuensi kencing melebihi normal. Gejala ini diikuti oleh gejala sakit saat kencing, kencing sedikit-sedikit, kencing keruh, kencing keluar darah, dan sebagainya. Gejala sakit pinggang kiri atau kanan biasanya muncul jika infeksi sudah melanda ginjal.

Jika infeksi saluran kencing cukup berat, dapat timbul gejala sistemik seperti demam dan sakit kepala.

Bagaimana pengobatannya?

Dokter biasanya akan memberikan antibiotik untuk membasmi bakteri penyebab ISK. Selain itu, diberikan juga obat simptomatik seperti pereda nyeri, obat demam, obat sakit kepala, dan lain-lain.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.