Jumat, 26 Februari 2016

Ciri-ciri Luka Tetanus

Dok, apa ciri luka yang terkena tetanus?

Sebenarnya tidak ada ciri khusus pada luka yang terkena tetanus. Seperti bakteri biasa, tetanus menginfeksi luka dan menyebabkan peradangan lokal. Hanya saja bakteri tetanus menghasilkan racun yang menyebar ke seluruh tubuh dan menimbulkan kejang, sedangkan bakteri biasa tidak menghasilkan apa-apa.

Walaupun semua luka dapat terinfeksi bakteri tetanus, tetapi ada beberapa jenis luka yang harus diwaspadai dan berisiko besar terkena tetanus. Jenis luka tersebut antara lain:
  • Luka yang disertai dengan patah tulang.
  • Luka yang dalam, misalnya tertusuk paku, duri, atau kayu.
  • Luka yang di dalamnya tertinggal benda asing misal kaca, besi, kayu, dan sebagainya.
  • Luka yang bernanah
  • Luka yang luas, misalnya sayatan atau luka bakar
  • Luka yang terkontaminasi oleh tanah, debu, atau kotoran kuda
Penanganan risiko infeksi tetanus pada luka tersebut adalah:
  1. Jika pernah semasa kecil mendapat 3 kali atau lebih suntikan tetanus dan luka terjadi dalam kurun waktu 5 tahun, maka tidak perlu disuntik lagi. Tapi jika lebih dari 5 tahun, maka perlu diberikan suntikan penguat saat luka terjadi (booster).
  2. Jika belum pernah imunisasi, maka perlu diberikan suntikan tetanus. Jika tersedia, diberikan juga suntikan tetanus immunoglobulin, yaitu antibodi yang dapat menetralkan racun tetanus dengan segera.
Demikian, semoga bermanfaat ...

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.