Sabtu, 20 Februari 2016

Cara Kerja Hormon Insulin

Insulin adalah salah satu jajaran hormon penting di dalam tubuh. Jika insulin tidak ada atau jumlahnya kurang, maka orang dapat menderita penyakit diabetes.

Hormon insulin diproduksi di kelenjar ludah perut (pankreas), kemudian disalurkan ke dalam pembuluh darah dan beredar di seantoro penjuru tubuh.

Menarik untuk mengetahui bagaimana sebenarnya insulin bekerja. Berikut ceritanya ....

Insulin ‘hanyalah’ senyawa yang berfungsi sebagai penekan tombol. Tombol tersebut ada di dinding sel. Sifat tombol ini eksklusif, artinya hanya dapat ‘ditekan’ oleh hormon insulin. Dalam dunia medis, tombol ini dinamakan reseptor insulin.

Ketika tombol ditekan, maka pintu akan terbuka. Fungsi pintu itu adalah mengijinkan senyawa glukosa masuk dari luar sel ke dalam sel. Senyawa glukosa ini kemudian diproses di dalam sel menjadi energi dalam bentuk ATP (adenosine triphosphate).

Pankreas
Image courtesy of dream designs at
FreeDigitalPhotos.net
Jika hormon insulin tidak ada atau kondisinya cacat, tombol pembuka pintu tidak ada yang menekan. Akibatnya, pintu glukosa senantiasa tertutup. Senyawa glukosa tetap berada di luar sel, tidak bisa masuk. Maka akan timbul dua efek utama, yaitu glukosa tertumpuk di dalam darah dan sel kekurangan energi karena tidak ada glukosa yang bisa diproses.

Glukosa yang menumpuk di dalam darah lama kelamaan menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan pembuluh saraf. Sedangkan kurangnya glukosa di dalam sel menyebabkan sel kelaparan. Itulah sebabnya, penderita diabetes senantiasa lapar dan ingin makan terus.

Pepatah yang cocok untuk kondisi di atas adalah ‘tikus mati di lumbung padi, gara-gara mulutnya kena plester’.

Semoga artikel “Cara Kerja Hormon Insulin” ini bermanfaat.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.