Kamis, 18 Februari 2016

Apakah Penyakit Katarak Menular?

Penyakit katarak umumnya menyerang orang tua. Gejala utamanya adalah lapangan pandang seperti ada asap. Semakin banyak penampakan asap, berarti penyakit katarak semakin berat.

Jika kita perhatikan dengan seksama mata orang yang terkena katarak, maka di bagian hitam mata tampak benda berwarna putih keruh seperti susu.

Apakah benda putih itu?

Itulah lensa mata. Seyogyanya, lensa mata bening sebening kaca. Tetapi karena terjadi proses penuaan seiring dengan bertambahnya umur, lensa mata lambat laun akan mengabur.

Kembali ke judul, apakah katarak merupakan penyakit menular?

Jawabnya, katarak bukan penyakit menular.

Jadi, jika salah satu mata terkena, bisa saja mata sebelahnya tetap normal. Pun jika ada orang serumah yang terkena katarak, maka penyakit ini tidak akan menular ke anggota keluarga lainnya.

Bagaimana dengan kasus ada dua atau lebih orang yang terkena katarak dalam satu rumah?

Hal ini bukan berarti penyakit katarak menular di antara mereka, tapi penyakit ini berkembang sendiri-sendiri pada setiap penderita.

Mengapa tidak menular?

Karena penyebab katarak umumnya adalah proses penuaan lensa mata. Sedangkan penyakit menular biasanya disebabkan oleh infeksi mikroorganisme, baik bakteri, virus, parasit, atau jamur.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

1 komentar:

Hon BookStore mengatakan...

45 Penyakit Mata, Berbagai Jenis Penyakit Dan Kelainan Pada Mata, Lengkap Dengan Pencegahan Dan Penanganannya



http://www.honbookstore.com/2017/02/45-penyakit-mata-berbagai-jenis.html

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.