Senin, 25 Januari 2016

Kegunaan Asam Mefenamat

Salah satu obat yang banyak dipakai saat ini adalah asam mefenamat. Barangkali karena obat ini banyak diperjualbelikan secara bebas. Padahal asam mefenamat termasuk obat keras yang hanya boleh diperoleh dengan resep dokter.

Sebenarnya apa kegunaan asam mefenamat?

Di kalangan awam, obat ini banyak digunakan untuk mengobati sakit gigi. Pasti sudah pada tahu merk dagangnya. Ya, ponstan.

Kegunaan asam mefenamat bukan hanya untuk sakit gigi, tapi untuk sebagian besar nyeri. Ketika jari tangan terluka misalnya, untuk mengobati nyerinya bisa mengkonsumsi asam mefenamat. Begitu juga saat kaki terkilir atau keseleo, asam mefenamat biasanya ampuh menghilangkan nyeri dan bengkak pada sendi.

Asam mefenamat juga sering digunakan untuk mengobati sakit kepala atau nyeri otot, tapi tidak begitu populer.

Saat mengkonsumsi asam mefenamat, perlu diperhatikan efek sampingnya. Efek samping utama adalah iritasi lambung. Jadi, pada mereka yang punya penyakit maag, obat ini dapat menambah parah penyakit tersebut.

Untuk menghindari nyeri lambung, maka usahakan sebelum konsumsi asam mefenamat, lambung terlebih dahulu diisi makanan. Jika lambung tetap nyeri, berarti perlu diberikan obat maag semisal antasid, ranitidin, atau omoprazole.

Demikian, semoga bermanfat ...

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.