Jumat, 22 Januari 2016

Arti HPHT, Patokan Untuk Menghitung Usia Kehamilan

Untuk menghitung usia kehamilan, dokter biasanya menggunakan patokan HPHT.

Apakah arti HPHT?

HPHT adalah singkatan dari Hari Pertama Haid Terakhir. Pengertian ‘Haid Terakhir’ adalah haid yang paling terakhir menjelang kehamilan. Sedangkan pengertian ‘Hari Pertama’ adalah hari permulaan haid.

Jadi, arti hari pertama haid terakhir adalah hari permulaan 'dapat' dari haid yang paling dekat jaraknya dengan kehamilan ibu.

Masih bingung?

Berikut contoh rumus atau cara menghitung HPHT:

Misalkan, pada 22 Januari 2016 Ibu menjalani tes kehamilan dan hasilnya positif. Haid terakhirnya adalah pada Nopember 2015. Haid tersebut berlangsung dari tanggal 21 sampai dengan 27 Nopember 2015. Maka tanggal HPHT Ibu adalah 21 Nopember 2016. Tanggal inilah yang digunakan untuk menghitung usia kehamilan.

Di dalam dunia medis, usia kehamilan biasanya dihitung berdasarkan minggu, bukan bulan seperti yang biasa digunakan masyarakat umum. Pada kasus di atas, usia kehamilan Ibu adalah 8 minggu.

Mungkin ada Pembaca yang bertanya, mengapa usia kehamilan tidak dihitung mulai dari pembuahan dan tertanamnya telur yang telah dibuahi di dinding rahim (konsepsi)?

Idealnya memang demikian. Usia kehamilan dihitung sejak konsepsi dan tentu saja hasil perhitungannya menggambarkan usia kehamilan yang sebenarnya.

Masalahnya adalah, sangat sulit untuk menentukan kapan waktu konsepsi. Tidak ada tanda signifikan yang dirasakan Ibu saat konsepsi terjadi. Karena sulit menentukan kapan waktu konsepsi, maka usia kehamilan juga ikut-ikutan sulit dihitung.

Oleh karena itu, para ahli mengambil cara yang lebih sederhana, yaitu berdasarkan HPHT. Biasanya, sebagian besar Ibu ingat HPHT nya.

Semoga bermanfaat ...

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

1 komentar:

zirna mengatakan...

Terimakasih sgt bermanfaatšŸ˜Š

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.