Rabu, 29 Juli 2015

Warna Darah Haid yang Normal

Jika bicara soal warna darah, tentunya semua pada tahu bahwa warnanya merah. Warna ini mungkin berlaku bagi darah yang keluar dari luka di tangan atau bagian tubuh lainnya. Tapi apakah warna merah juga berlaku pada darah haid?

Warna darah haid yang normal ada tiga jenis, yaitu:

Merah Terang

Warna darah haid yang merah terang menandakan bahwa darah tersebut baru saja keluar dari pembuluh darah yang ada di dinding rahim. Warna ini persis sama dengan warna darah ketika jari atau bagian tubuh kita yang lain terluka. Biasanya tipe darah merah terang tidak disertai gumpalan-gumpalan. Warna darah merah terang biasanya ditemukan pada permulaan haid.

Merah Gelap

Warna darah haid yang merah gelap menandakan bahwa darah yang keluar dari pembuluh darah rahim mengendap dulu di dalam rahim sebelum dikeluarkan ke ‘dunia luar’ :) Saat keluar, ada yang berbentuk gumpalan. Darah haid yang berwarna merah gelap biasanya ditemukan saat seorang wanita baru bangun tidur.

Coklat atau Hitam

Warna darah haid coklat atau hitam menandakan bahwa darah lebih lama lagi berada di dalam rahim. Darah tersebut biasanya terjebak di lipatan rahim. Saat keluar juga terkadang ditemukan gumpalan. Darah berwarna coklat atau hitam biasanya ditemukan pada akhir masa haid.

Jadi, jika warna darah haid suatu ketika gelap atau menjurus ke hitam, tenang saja. Hal itu masih dalam kategori normal.

Demikian, semoga bermanfaat ...

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.