Senin, 27 Juli 2015

Suntik TT Sebelum Nikah, Apa Gunanya?

Kalau bayi atau balita di imunisasi, sudah perkara lazim. Pun demikian dengan ibu hamil. Tapi kalo seorang gadis yang ingin menikah wajib imunisasi, mungkin agak aneh. Untuk apa? Apa gunanya?

Dari berbagai jenis imunisasi, hanya satu yang diwajibkan untuk seorang wanita sebelum menikah yaitu imunisasi Tetanus Toksoid, disingkat TT. Dari namanya sudah bisa ditebak, imunisasi ini untuk mencegah penyakit tetanus. Mungkin ada yang berpikiran ngeres, pasti untuk mencegah tetanus akibat dari aktifitas malam pertama :)

Salah satu penyakit mematikan bagi bayi lahir adalah tetanus. Bakteri tetanus biasanya masuk ke dalam tubuh bayi melalui tali pusat yang dipotong dengan cara yang kurang bersih, atau perawatan tali pusat yang tidak baik. Jika tetanus terlanjur menyerang, maka sulit disembuhkan dan seringkali berujung pada kematian bayi. Oleh karena itu, cara terbaik adalah pencegahan. Karena pencegahan mustahil dilakukan langsung pada bayi baru lahir, maka langkah pencegahan berupa imunisasi dilakukan melalui ibunya.

Suntikan TT untuk mencegah penyakit tetanus bayi bari lahir idealnya dilakukan 5 kali, dengan jadwal sebagai berikut:
  1. Suntikan pertama adalah 6 bulan - 2 minggu sebelum menikah.
  2. Suntikan kedua adalah sebulan sejak suntikan pertama.
  3. Suntikan ketiga adalah 6 bulan sejak suntikan kedua.
  4. Suntikan keempat adalah 1 tahun sejak suntikan ketiga.
  5. Suntikan kelima adalah 1 tahun sejak suntikan keempat.

Bagaimana jika Ibu setelah menikah langsung hamil?

Tidak mengapa, suntikan kedua dan ketiga berarti dilakukan pada masa kehamilan. Dengan 3 kali suntikan tersebut, mampu melindungi ibu dan bayinya selama 5 tahun. Artinya jika ibu melahirkan 9 bulan setelahnya, maka bayinya InsyaAllah akan terlindung dari terkena tetanus bayi baru lahir atau tetanus neonatorum.

Demikian, semoga bermanfaat ...

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    Disclaimer

    Semua tulisan yang ada dalam blog BLOG-DOKTER hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata. Baca DISCLAIMER selengkapnya.